Berbagai Potensi Produk Unggulan yang dimiliki Desa Girimarto

Alat Catak genteng Pres dalm Pembuatan Genting Di Desa Girimarto tepatnya Dusun Kendal dan Janti

KERAJINAN GENTENG

Kerajinan ini berpusat di Dusun Kendal, Janti, dan sebagian di Dusun Ngalaban. Pemasaran genteng sendiri sudah mencakup berbagai wilayah baik dalam maupun luar kota. Pusat kerajinan genteng Desa Girimarto juga sudah terkenal hingga ke Daerah Istimewa Yogyakarta.Hal ini membuktikan bahwa kualitas genteng produksi Desa Girimarto memiliki kualitas yang baik dan dapat bersaing dengan industri genteng yang lain. Dalam membuat produksinya yang masih tergolong sederhana dapat berpotensi sebagai wisata edukasi. Selain itu, kerajinan genteng juga dapat berpotensi dijadikan kerajinan kenang – kenangan.

Alat Catak genteng Pres dalam Pembuatan Genting Di Desa Girimarto tepatnya Dusun Kendal dan Janti

 

KERAJINAN KAYU

Indonesia memang dikenal sebagai salah satu pusat kerajinan tangan dan kayu terbesar di dunia. Tak heran jika industri kerajinan kayu bisa berkembang dengan amat pesat. Kerajinan kayu merupakan salah satu produk yang banyak disukai orang. Hal itu dikarenakan kerajinan yang terbuat dari bahan kayu bisa menampilkan sisi keindahan yang natural. Di Desa Girimarto sendiri juga terdapat beberapa orang yang sudah lama bergerak dan menikmati keuntungan dari usaha kerajinan kayu ini. Pemilik usaha pun sangat hangat dalam menyambut pengunjung. Pengunjung yang datang bisa melihat proses pembuatan kerajinan kayu disana. Kerajinan kayu yang dihasilkan juga sudah dipasarkan ke beberapa provinsi di Indonesia. Berbagai macam jenis produk kerajinan kayu yang dihasilkan diantaranya, lemari, meja, tempat tidur, kursi hingga sofa.

 

Berbagai Hasil Kerajinan kayu di Desa Girimarto dalam hal ini Dusun Girimarto (Samin prod)
KKN dari UGM malakukan tinjauan kelapangan mengenai produksi usaha kerajinan di Desa Girimarto

INDUSTRI GULA JAWA

Peluang usaha pembuatan gula merah atau gula jawa rumahan saat ini cukup tinggi karena permintaan konsumen. Terutama untuk keperluan pengolahan bahan makanan, minuman, kecap, dan lain-lain. Oleh karena itu meskipun berskala kecil, usaha ini dapat menopang perekonomian masyarakat desa. Pemerintah daerah juga bisa mendorong perekonomian masyarakat desa dengan pembuatan gula merah yang berbentuk cetak maupun halus.  Bangsa pasar gula jawa yang berbentuk pasir/halus saat ini juga cukup diminati hingga ke manca negara. Salah satu daerah industri gula jawa yaitu Lebak, Banten yang sudah mengekspor produksi gula jawanya sampai ke negara-negara di Eropa.

 

Produksi Gula Jawa di Desa Girimarto

 

INDUSTRI KEFIR

Kefir merupakan produk dari susu sapi yang difermentasikan dengan bibit biji kefir yang mengandung bakteri baik. Kefir yang diproduksi di Desa Girimarto terdapat 3 jenis olahan yaitu berupa susu kefir, kefir bening, dan masker kefir. Olahan  kefir ini mempunyai berbagai manfaat seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati penyakit, dan lain-lain. Masker kefir ini tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya sehingga aman untuk kulit wajah dan penggunaan jangka panjang. Pemasaran kefir ini sudah online dan dipasarkan di dalam dan di luar daerah. Kualitasnya juga sudah tidak diragukan lagi dan sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari berbagai olahan kefir ini.

Produk Kefir Susu Fermentasi Hasil olahan BUMDES Desa Girimarto

Singkong dan talas yang dijadikan keripik banyak digemari oleh konsumen dari berbagai kalangan dan usia sehingga dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Keripik talas ini banyak digemari oleh konsumen dan banyak dicari karena jarang ditemui. Usaha keripikini perlu diberikan inovasi dan varian rasa yang beragam supaya dapat menarik minat konsumen. Keripik ini dapat dijadikan oleh-oleh bagi pengunjung yang datang ke Girimarto.INDUSTRI KERIPIK SINGKONG DAN TALAS

Kripik Singkong Hasil Olahan Warga Desa Girimarto.
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan